Kamis, 19 April 2012

Dalaailu at-Tauhid bagian 2: Pertanyaan ke-1 s/d 10


Petunjuk-Petunjuk Tauhid 
---------------------------------------
Pertanyaan 1: Apa saja tiga prinsip yang wajib diketahui tiap manusia?
Jawab: pengenalan seseorang hamba terhadap Rabbnya, agamanya dan Nabinya, Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
------------------
Pertanyaan 2: Siapakah Rabbmu?
Jawab: Rabbku adalah Allah, Dzat yang telah memelihara diriku, juga memelihara seluruh alam semesta dengan nikmat-nikmat-Nya. Dialah satu-satunya Dzat yang kuibadahi dan tidak ada satupun sesembahan bagiku selain Dia. Dalilnya adalah firman Allah:
[teks arab]
“Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.” (Al-Fatihah:2)
Segala sesuatu selain Allah adalah alam, dan akupun termasuk salah satu dari alam tersebut.

------------------
Pertanyaan 3: Apa arti Rabb?
Jawab: Rabb artinya adalah Yang Menguasai, yang Diibadahi, Yang Maha Bertindak, dan Rabb adalah Yang Memiliki Hak untuk diibadahi.
----------------
Pertanyaan 4: Dengan apa engkau mengenal rabbmu?
Jawab: Aku mengenal Rabbku dengan tanda-tanda kekuasaan-Nya dan ciptaan-ciptaan-Nya. Termasuk tanda-tanda kekuasaan Allah yaitu: adanya malam, siang, matahari dan bulan. Dan termasuk ciptaan-ciptaan Allah adalah: tujuh langit, tujuh bumi beserta seluruh isinya dan semua yang ada diantara keduanya. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sujud kepada matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah yang menciptakannya, jika hanya kepada-Nya kamu beribadah.” (Fushshilat:37)
Dalil lain adalah firman Allah ta’ala:
[teks arab]
“Sesungguhnya Rabb kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu dia beristiwa’ di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Rabb semesta alam.” (Al-A’raaf: 54)
---------
Pertanyaan 5: Apakah agamamu?
Jawab: Agamaku adalah islam. Islam yaitu tunduk dan menyerahkan diri pada Allah semata. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Sesungguhnya agama (yang diridhai) oleh Allah adalah Islam.” (Ali Imran: 19)
Dalil lain adalah firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“ Dan barang siapa mencari agama selain Islam, maka tidak akan diterima darinya. Dan dia di akhirat termasuk orang yang  merugi.” (Ali Imran:85)
Dalil selain itu adalah firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (Al-Maidah: 3)
-----------
Pertanyaan 6: Di atas landasan apakah agama ini dibangun?
Jawab: Agama ini dibangun di atas lima rukun: yang pertama adalah persaksian bahwa tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah hamba dan utusan-Nya, kemudian engkau tegakkan sholat engkau tunaikan zakat, engkau berpuasa di bulan ramadhan dan engkau berhajinjika mampu.
-------------
Pertanyaan 7: Apakah iman itu?
Jawab: yaitu engkau percaya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan taqdir yang baik maupun yang buruk. Dalilnya adalah firman allah ta’ala:
[teks arab]
“Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan Rasul-rasul-Nya.” (Al-Baqarah: 285)
-----------------
Pertanyaan 8: Dan apakah ihsan itu?
Jawab: Ihsan yaitu engkau beribadah kepada Allah azza wa jalla seolah-olah engkau melihat-Nya, apabila engkau tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat ihsan.” (An-Nahl:128)
---------------
Pertanyaan 9: Siapakah Nabimu?
Jawab: Nabiku adalah Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bin ‘Abdillah bin ‘Abdul Muthalib bin Hasyim. Hasyim termasuk suku Quraisy dan Quraisy berasal dari Kinanah, sedangkan Kinanah termasuk bangsa Arab, sementara bangsa Arab adalah anak cucu Nabi Isma’il putra Ibrahim. Dan Ibrahim adalah keturunan Nabi Nuh ‘alaihimush shalaatu wassalam.
--------
Pertanyaan 10: Lalu dengan apa Rasulullah diutus sebagai nabi dan dengan apa beliau diutus sebagai rasul?
Jawab: Beliau diutus sebagai Nabi dengan surat Iqra’ (Al-‘Alaq) dan diutus sebagai rasul dengan surat Al-Mudatstsir.
-----------------

خمسون سؤالاً وجواباً في العقيدة
للشيخ محمد بن عبدالوهاب

دلائل التوحيد
س1 - ما الأصول الثلاثة التي يجب على الإنسان معرفتها؟
ج1: معرفة العبد ربه ودينه ونبيه محمد .
س2 - من ربك؟
ج2: ربي الله الذي رباني وربى جميع العالمين بنعمه وهو معبودي ليس لى معبود سواه والدليل قوله تعالى: الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ [الفاتحة:1] وكل ما سوى الله عالم وأنا واحد من ذلك العالم.
س3 - ما معني الرب؟
ج3: المالك المعبود المتصرف وهو المستحق للعبادة.
س4 - بم عرفت ربك؟
ج4: أعرفه بآياته ومخلوقات، ومن آياته الليل والنهار والشمس والقمر، ومن مخلوقاته السماوات السبع ومن فيهن والأرضون السبع ومن فيهن وما بينهما، والدليل قوله تعالى: وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ [فصلت:37]، وقوله تعالى: إِنَّ رَبَّكُمُ اللّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثاً وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلاَ لَهُ الْخَلْقُ وَالأَمْرُ تَبَارَكَ اللّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ [الأعراف:54].
س5 - ما دينك؟
ج5: ديني الإسلام، والإسلام هو الإستسلام والإنقياد لله وحده، والدليل عليه قوله تعالى: إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ [آل عمران:19]، ودليل آخر قوله تعالى: وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلاَمِ دِيناً فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ [آل عمران:85]، ودليل آخر قوله تعالى: الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً [المائدة:3].
س6 - علي أي شيء بُني هذا الدين؟
ج6: بُني على خمسة أركان، أولها شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمداً عبده ورسوله، وتقيم الصلاة، وتؤتي الزكاة، وتصوم شهر رمضان، وتحج البيت إن استطعت إليه سبيلا.
س7 - ما هو الإيمان؟
ج7: أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الأخر وتؤمن بالقدر خيره وشره والدليل قوله تعالى: آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللّهِ وَمَلآئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ [البقرة:85].
س8 - وما الإحسان؟
ج8: هو أن تعبد الله كأنك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراك، والدليل عليه قوله تعالى: إِنَّ اللّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَواْ وَّالَّذِينَ هُم مُّحْسِنُونَ [النحل:128].
س9 - من نبيك؟
ج9: نبيي محمد بن عبد الله بن عبد المطلب بن هاشم، وهاشم من قريش، وقريش من كنانه، وكنانه من العرب، والعرب من ذرية إسماعيل بن ابراهيم، وإسماعيل من نسل إبراهيم، وإبراهيم من ذرية نوح، عليهم الصلاة والسلام.
س10 - وبأي شيء نُبئ؟ وبأي شيء أرسل؟
ج10: نبئ باقرأ، وأرسل بالمدثر.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami. Besar harapan kami untuk bisa membaca komentar para pengunjung. Dan berkomentar lah dengan nama (jangan anonim), dan jika berkenan isikan email/website anda supaya saya bisa mengunjungi balik anda semua. terima kasih.

Pembelaan

Download Audio dan Video Menyingkap Hakikat Wahabi oleh Ustad Dzulqarnain Muhammad Sunusi

Kajian Ilmiah MENYINGKAP HAKIKAT WAHABI PEMATERI: Ustadz Dzulqarnain Muhammad Sunusi [Pengasuh Pesantren As-Sunnah Makassar] WAKTU:...