Kamis, 19 April 2012

Dalaailu at-Tauhid bagian 3: Pertanyaan ke-11 s/d 20


Pertanyaan 11: Apa mukjizat beliau?
Jawab: Mukjizat beliau adalah Al-Qur’an, dimana seluruh makhluk tidak ada yang mampu untuk membuat satu surat pun yang menandinginya, mereka tidak sanggup untuk melakukannya walaupun mereka sangat fasih berbahasa dan sangat ingin melenyapkan Al-Qur’an tersebut, mereka sangat memusuhi al-Qur’an dan para pengikut al-Qur’an. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa al-Qur’an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain.” (Al-Isra’:88)
------------- 
Pertanyaan 12: Apa dalil bahwa beliau adalah utusan Allah?
Jawab: [teks arab]
“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (Ali Imran:144)
Dalil lain adalah firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud….” (Al-Fath:29)
--------------
Pertanyaan 13: Apa dalil kenabian Muhammad?
Jawab: Dalil nubuwah beliau adalah firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kalian, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi.” (Al-Ahzab:40)
Dan ayat-ayat ini menunjukkan bahwa beliau adalah seorang nabi sekaligus penutup para nabi.
-----------------
Pertanyaan 14: Untuk apa Allah mengutus nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam?
Jawab: Untuk menyembah Allah azza wa jalla semata dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun, juga untuk tidak mengadakan sesembahan selain Allah. Begitu pula beliau melarang manusia untuk beribadah pada makhluk-makhluk seperti malaikat, nabi-nabi, orang-orang shalih bahkan batu-batu dan pepohonan. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Dan kami tidak mengutus seorang Rasulpun sebelum kamu melainkan Kami mewahyukan kepadanya: “Bahwasannya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku.” (Al-Anbiyaa’:25)
Dan firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat untuk menyerukan: “Sembahlah Allah (saja) dan jauhilah Thaghut itu.” (An-Nahl:36)
Juga firman Allah Ta’ala:
[teks arab]
“Dan tanyakanlah kepada rasul-rasul Kami yang telah Kami utus sebelum kamu: “Adakah Kami menentukan tuhan-tuhan untuk disembah selain Allah yang Maha pemurah?” (Az-Zukhruf:45)
Firman Allah ta’ala:
[teks arab]
“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah padaKu.” (Adz-Dzaariyat: 56)
Dengan demikian, dapat diketahui dari dalil-dalil tersebut bahwa Allah tidak menciptakan makhluk kecuali untuk beribadah dan mentauhidkan-Nya (mengesakan-Nya dalam beribadah). Oleh sebab itu, Allah utus para rasul pada hamba-hamba-Nya agar memerintahkan mereka beribadah.
---------------
Pertanyaan 15: Apakah perbedaan Tauhid Rububiyah dan tauhid Uluhiyyah?
Jawab: Tauhid Rububiyyah mencakup tindakan-tindakan Allah azza wa jalla, seperti: menciptakan, membagi rejeki, menghidupkan, mematikan, menurunkan hujan, menumbuhkan tanaman dan pengaturan segala urusan.
Sementara Tuhid Uluhiyah mencakup perbuatan hamba, contohnya: berdo’a takut berharap, bertawakal, nadzar, mohon pertolongan dan hal-hal lain yang termasuk kategori ibadah.
----------
Pertanyaan 16: Apa saja jenis-jenis ibdah yang tidak pantas diserahkan kecuali hanya untuk Allah azza wa jalla?
Jawab: Termasuk jenis-jenisnya yaitu: do’a, mohon pertolongan, mohon perlindungan, mohon perlindungan , menyembelih korban, nadzar, takut, berharap, bertawakkal, cinta khasyah, bergantung, ruku’, sujud, khusyu’, merendahkan diri dan pengagungan merupakan kekhususan-kekhususan Uluhiyyah.
------------
Pertanyaan 17: Apakah perintah Allah yang paling utama dan apakah larangan Allah yang paling besar?
Jawab: Perintah Allah yang paling utama adalah mengesakan-Nya dalam peribadahan; dan larangan yang terbesar adalah menyekutukan Allah dengan selain-Nya; yaitu menyembah selain Allah, atau menujukan ibadah pada selain Allah. Barangsiapa memalingkan sedikit saja dari jenis-jenis ibadah pada selain Allah, sungguh dia telah menjadikannya sebagai Rabb dan sesembahan serta dia telah menyekutukan Allah azza wa jalla dengan selainnya atau dia telah menujukan sebagian ibadah kepada selain Allah azza wa jalla.
------------
Pertanyaan 18: Apakah tiga hal yang wajib untuk dipelajari dan diamalkan?
Jawab: Yang pertama: bahwa Allah telah menciptakan kita dan tidak membiarkan kita begitu saja (tidak diperintah dan dilarang serta tidak diberi balasan), bahkan Allah telah mengutus kepada kita seorang Rasul (Muhammad shallallahu alaihi wasallam). Maka barangsiapa yang mentaati rasul tersebut dia masuk surga dan barangsiapa bermaksiat, dan membangkang terhadap rasul, maka dia akan masuk neraka.
Yang kedua: bahwa Allah tidak ridha untuk disekutukan dalam beribadah pada-Nya dengan sesuatu apapun, baik dengan malaikat yang dekat maupun nabi yang diutus.
Yang ketiga: Bahwa barangsiapa yang mentaati Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam maka tidak diperbolehkan baginya berloyalitas dengan orang-orang yang memusuhi Allah dan Rasul-Nya walaupun dia kerabat dekatnya.
------------
Pertanyaan 19: Apa makna Allah?
Jawab: Maknanya adalah: Dzat yang memiliki hak ketuhanan (Uluhiyyah) dan peribadatan atas seluruh makhluk-Nya.
--------
Pertanyaan 20: Untuk apa Allah menciptakanmu?
Jawab: untuk beribadah kepada-Nya. 
------------------ 


خمسون سؤالاً وجواباً في العقيدة
للشيخ محمد بن عبدالوهاب

س11 - وما هي معجزته؟
ج11: هذا القرآن الذي عجزت جميع الخلائق أن يأتوا بسورة من مثله، فلم يستطيعوا ذلك مع فصاحتهم وشدة حذاقتهم وعداوتهم له ولمن اتبعه، والدليل قوله تعالى: وَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِ وَادْعُواْ شُهَدَاءكُم مِّن دُونِ اللّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ [البقرة:23]. وفي الآيه الأخرى: قوله تعالى: قُل لَّئِنِ اجْتَمَعَتِ الإِنسُ وَالْجِنُّ عَلَى أَن يَأْتُواْ بِمِثْلِ هَـذَا الْقُرْآنِ لاَ يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيراً [الإسراء:88].
س12 - ما الدليل على أنه رسول الله؟
ج12: قوله تعالى: وَمَا مُحَمَّدٌ إِلاَّ رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِهِ الرُّسُلُ أَفَإِن مَّاتَ أَوْ قُتِلَ انقَلَبْتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ وَمَن يَنقَلِبْ عَلَىَ عَقِبَيْهِ فَلَن يَضُرَّ اللّهَ شَيْئاً وَسَيَجْزِي اللّهُ الشَّاكِرِينَ [آل عمران:144].ودليل آخر قوله تعالى: مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاء عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاء بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعاً سُجَّداً [الفتح:29].
س13 - ما هو دليل نبوة محمد؟
ج13: الدليل على النبوة قوله تعالى: مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ [الأحزاب:40]، وهذه الآيات تدل على أنه نبي وأنه خاتم الأنبياء.
س14 - ما الذي بعث الله به محمداً ؟
ج14: عبادة الله وحده لا شريك له، وأن لا يتخذون مع الله إلهاً آخر، ونهاهم عن عبادة المخلوقين من الملائكة والأنبياء والصالحين والحجر والشجر، كما قال الله تعالى: وَمَا أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ مِن رَّسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ [الأنبياء:25]، وقوله تعالى: وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولاً أَنِ اعْبُدُواْ اللّهَ وَاجْتَنِبُواْ الطَّاغُوتَ [النحل:36]، وقوله تعالى: وَاسْأَلْ مَنْ أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ مِن رُّسُلِنَا أَجَعَلْنَا مِن دُونِ الرَّحْمَنِ آلِهَةً يُعْبَدُونَ [الزخرف:45]، وقوله تعالى: وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ [الذاريات:56].
فيعلم بذلك أن الله ما خلق الخلق إلا ليعبدوه ويوحدوه فأرسل الرسل إلى عباده يأمرونهم بذلك.
س15 - ما الفرق بين توحيد الربوبية وتوحيد الألوهية؟
ج15: توحيد الربوبيه: فعل الرب، مثل الخلق والرزق والإحياء والإماته وإنزال المطر وإنبات النباتات وتدبير الأمور.
وتوحيد الألوهية: فعل العبد، مثل الدعاء والخوف والرجاء والتوكل والإنابه والرغبه والرهبه والنذر والإستغاثه وغير ذلك من انواع العبادات.
س16 - ما هي أنواع العبادات التي لا تصلح إلا لله؟
ج16: من أنواعها: الدعاء، والإستغاثة، والإستعانه، وذبح القربان، والنذر، والخوف، والرجاء، والتوكل، والإنابه، والمحبه، والخشيه، والرغبه، والرهبه، والتأله، والركوع، والسجود، والخشوع، والتذلل، والتعظيم الذي هو من خصائص الألوهية.
س17: فما أجل أمر أمر الله به؟ وأعظم نهي نهى الله عنه؟
ج17: أجل أمر أمر الله به هو توحيده بالعبادة، وأعظم نهي نهى الله عنه هو الشرك به، وهو ان يدعو مع الله غيره أو يقصد بغير ذلك من أنواع العبادة، فمن صرف شيئا من انواع العبادة لغير الله فقد اتخذه ربا وإلها وأشرك مع الله غيره أو يقصده بغير ذلك من أنواع العبادات.
س18: ما المسائل الثلاث التي يجب تعلمها والعمل بها؟
ج18: الأولى: أن الله خلقنا ورزقنا ولم يتركنا هملا بل أرسل إلينا رسولا فمن أطاعه دخل الجنه ومن عصاه دخل النار.
الثانيه: أن الله لا يرضى أن يشرك معه في عبادته أحد لا ملك مقرب ولا نبي مرسل.
الثالثة: أن من اطاع الرسول ووحد الله لا يجوز له موالاة من حاد الله ورسوله ولو كان أقرب قريب.
س19: ما معني الله؟
ج19: معناه ذو الألوهية والعبودية على خلقه أجمعين.
س20: لأي شيء الله خلقك؟
ج20: لعبادته.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami. Besar harapan kami untuk bisa membaca komentar para pengunjung. Dan berkomentar lah dengan nama (jangan anonim), dan jika berkenan isikan email/website anda supaya saya bisa mengunjungi balik anda semua. terima kasih.

Pembelaan

Download Audio dan Video Menyingkap Hakikat Wahabi oleh Ustad Dzulqarnain Muhammad Sunusi

Kajian Ilmiah MENYINGKAP HAKIKAT WAHABI PEMATERI: Ustadz Dzulqarnain Muhammad Sunusi [Pengasuh Pesantren As-Sunnah Makassar] WAKTU:...