Minggu, 03 Mei 2015

PEMBERONTAKKAN TERHADAP DAULAH UTSMANIYAH?

APAKAH SYAIKH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB رحمه الله TELAH MELAKUKAN PEMBERONTAKKAN TERHADAP DAULAH UTSMANIYAH ?

Sebuah Bantahan Atas Syubhat Khawarij

Pertanyaan: Apakah yang dilakukan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab terhadap daulah utsmaniyah adalah bentuk pemberontakan terhadap khilafah?

Jawaban:

بسم الله الرحمن الحيم.
Segala puji hanya untuk Allah, dan semoga shalawat dan salam atas nabi Muhammad, amma ba’du.

Sebagian pihak yang memiliki kepentingan dari kalangan neo khawarij menyebarkan isu bahwa Syaikh Imam Muhammad bin Abdul Wahhab rohimahulloh telah melakukan pemberontakan terhadap daulah utsmaniyah, dan akan kami bawakan perkataan ulama-ulama yang mulia -yang semoga Allah merahmati yang telah wafat dan menjaga yang masih hidup-  dalam perkara ini.

Jawaban Syaikh Abdul Aziz bin Baz رحمه الله atas syubhat di atas:

Sungguh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab tidak melakukan pemberontakan atas khilafah utsmaniyah dari yang aku ketahui dan yakini, dikarenakan di najd pada waktu itu tidak ada kepemimpinan dan pemerintahan Turki (utsmani). Akan tetapi najd merupakan pemerintahan kecil yang tersusun dari desa-desa yang terpencar dan pada setiap desa walaupun kecil ada pimpinannya tersendiri.

Dan di antara desa-desa tersebut terjadi peperangan dan perebutan kekuasaan antara sesama mereka, dan syaikh muhammad bin abdul wahhab tidak memberontak khilafah, akan tetapi syaikh melakukan pembenahan terhadap sebagian tempat yang telah rusak di negerinya tersebut. Syaikh berjihad di jalan Allah dengan kesungguhan dan kesabaran hingga cahaya dakwah yang beliau bawa tersebar ke berbagai pelosok negeri lain.

Sumber:
Rekaman kaset muhadhoroh yang disampaikan di universitas raja su’ud, 1402 hijriyah dengan tajuk “Pembaharuan di dalam pemikiran Islam”.

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

***   ***
[رد على شبهة خارجية]
 ما فعله الشيخ محمد بن عبد الوهاب مع الدولة العثمانية، هل كان خروجا على الخلافة؟!

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله أما بعد، يثير بعض المغرضين الخوارج المعاصرين شبهة مفادها أن الشيخ المجدد الإمام محمد بن عبد الوهاب رحمه الله تعالى قام بالخروج على الدولة العثمانية ، وفي هذا الموضوع نورد كلام علمائنا الكرام الأفاضل، رحم الله الأموات وحفظ الأحياء.
جواب سماحة الشيخ عبد العزيز بن عبد الله بن باز رحمه الله تعالى على هذه الشبهة.
قال الشيخ رحمه الله تعالى:
(لم يخرج الشيخ محمد بن عبد الوهاب على دولة الخلافة العثمانية – فيما أعلم وأعتقد -، فلم يكن في نجد رئاسة ولا إمارة للأتراك بل كانت نجد إمارات صغيرة وقرى متناثرة، وعلى كل بلدة أو قرية – مهما صغرت – أمير مستقل … وهي إمارات بينها قتال وحروب ومشاجرات، والشيخ محمد بن عبد الوهاب لم يخرج على دولة الخلافة، وإنما خرج على أوضاع فاسدة في بلده، فجاهد في الله حق جهاده وصابر وثابر حتى امتد نور هذه الدعوة إلى البلاد الأخرى …) (ندوة تجديد الفكر الإسلامي، ألقيت في قاعة المحاضرات بجامعة الملك سعود، 1402هـ، (مسجلة على أشرطة كاسيت). 

http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=4800

http://forumsalafy.net/?p=10825




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami. Besar harapan kami untuk bisa membaca komentar para pengunjung. Dan berkomentar lah dengan nama (jangan anonim), dan jika berkenan isikan email/website anda supaya saya bisa mengunjungi balik anda semua. terima kasih.

Pembelaan

Download Audio dan Video Menyingkap Hakikat Wahabi oleh Ustad Dzulqarnain Muhammad Sunusi

Kajian Ilmiah MENYINGKAP HAKIKAT WAHABI PEMATERI: Ustadz Dzulqarnain Muhammad Sunusi [Pengasuh Pesantren As-Sunnah Makassar] WAKTU:...