Minggu, 01 September 2013

[Jejak dan Pengaruh Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab] [2]

Penulis : ‘Abdul ‘Aziz bin Muhammad bin ‘Ali al-‘Abdul Lathif.
Di sini kami menyatakan sebagian tokoh yang terpengaruh dengan dakwah Syaikh al Imam Muhammad bin Abdul Wahhab. Sayang sekali sepanjang pengetahuan penulis nama mereka tersebar di dalam risalah ataupun kitab yang membahas hal itu. 
‘Abbas al-Azawi, seorang yang berasal dari Iraq menyatakan pengaruh dakwah Syaikh al-Imam di negerinya sebagai berikut:

(Al-Ustadz Abdul Aziz Bek bin Abdullah Bek al-Shawi [41] telah mengunjungi negeri Najd dalam perjalanannya menunaikan kewajiban Haji. Disana beliau mengadakan perundingan dengan keluarga al-Sa’ud. Hasil dari perundingan tersebut adalah beliau tertarik dengan pegangan mereka lalu membawanya ke Negara Iraq dimana akhirnya beliau menjadi pendakwah kepada dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab. Ustadz Abdul Aziz membuat keputusan tersebut setelah melakukan penyelidikan teliti selama beberapa tahun. Diantara hal yang menyebabkan beliau mengambil keputusan tersebut adalah saat beliau melihat kemungkaran yang dilakukan kaumnya serta dibandingkan dengan keshahihan pegangan assalafiyah sehingga nyata akan kebenarannya.) [42]
Al-Azawi menyebutkan nama Syaikh ‘Ali al-Suwaydi [43] sebagai salah satu ulama’ yang terpengaruh dengan dakwah Syaikh al-Imam Muhammad bin Abdul Wahhab. Tokoh ini disifatkannya sebagai seorang alim yang menyeru umat Islam untuk berpegang teguh dengan hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, yaitu sumber penting madzhab salafush shaleh. [44] Dinyatakan bahwa Syaikh ‘Ali al-Suwaidy telah menyeru pemerintah Baghdad bernama Sulayman Basha al-Shaghir agar berpegang teguh kepada dakwah as-salafiyah. [45]

Syaikh Ahmad bin Muhammad al-Katalani [46] mengarang sebuah risalah berjudul al-Sayyib al-Hattal fi Kashf Syibh Ibn Kamal [47] untuk mempertahankan serta menolak segala kedustaan dan kekeliruan terhadap dakwah Syaikh al-Imam. Beliau menunjukkan bukti-bukti yang nyata dan meyakinkan bahwa dakwah Syaikh al-Imam Muhammad bin Abdul wahhab merupakan dakwah yang menyeru kepada madzhab Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

***

[41] Penulis tidak berkesempatan mengulas lanjut tentang tokoh ini.

[42] Silahkan lihat Kitab Zikra ‘Abi al-Sana’i al-Alusi karangan ‘Abbas al-Azawi, Syarikat al-Tijarah wa al-Toba’ah , Baghdad, 1377 H, hlm. 37.

[43] Beliau adalah ‘Ali bin Muhammad Sa’id al-Suwaydi, seorang sejarawan serta ahli hadits yang alim dalam ilmu silsilah nasab dan kesusasteraan Arab. Dilahirkan di Baghdad dan meninggal dunia di kota Damsyik pada tahun 1236 H. Beliau merupakan penulis beberapa kitab. Yang paling terkenalnya adalah ‘Aqd alSamin fi Bayan Masa’il al-Din . Silahkan lihat al-Misk al-azfar, hlm. 140 dan al-Mu’jam al-Mu’allifin, Jil. 7, hlm. 200.

[44]’Abbas Azawi, Zikra ‘Abi al-Sana’I al-Alusi, hlm. 37-38 (secara ringkas).

[45] Silahkan lihat kitab A’yun al-Qarn al-Thalith ‘Asyar Karangan Khalil Maryam Bek, cetakan kedua, Mu’assasah al-Risalah, 1977 M, hlm. 165.

[46] Penulis tidak mengulas tokoh ini. Dalam hal ini, penulis mengemukakan pertanyaan tentang al-Katalani kepada Syaikh Abdullah al-Khalifi seorang imam di Masjidil Haram. , Mekah pada bulan Dzulqaidah 1406 H. Ini karena beliau pentashhih (orang yang membuat pembetulan) terhadap kitab al-Sayyib al-Hattal, karangan al-Katalani. Namun penulis tidak menerima jawaban apapun dari beeliau.

[47] Kitab ini dicetak pada tahun 1385 H oleh Maktabah al-Islami, Beirut. Ia dicetak dengan digabingkan beserta dengan kitab-kitab lain sehingga dikenal dengan Jawab al-Jama’ah namun tidak dinyatakan nama pengarangnya. Wallaahu a’lam.  

***
Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dari "Membersihkan Salah Faham Terhadap Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul  Wahhab" Buku 1[Bahasa Malaysia]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami. Besar harapan kami untuk bisa membaca komentar para pengunjung. Dan berkomentar lah dengan nama (jangan anonim), dan jika berkenan isikan email/website anda supaya saya bisa mengunjungi balik anda semua. terima kasih.

Pembelaan

Download Audio dan Video Menyingkap Hakikat Wahabi oleh Ustad Dzulqarnain Muhammad Sunusi

Kajian Ilmiah MENYINGKAP HAKIKAT WAHABI PEMATERI: Ustadz Dzulqarnain Muhammad Sunusi [Pengasuh Pesantren As-Sunnah Makassar] WAKTU:...