Pembaca yang budiman, agar semakin jelas siapa sebenarnya ulama yang
dijadikan bulan-bulanan oleh suadara Idahram dalam buku hitamnya
tersebut, maka berikut ini akan kami paparkan secara ringkas biografi
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.
Beliau adalah Muhammad bin Abdul Wahhab bin Sulaiman bin Ali bin
Muhammad bin Ahmad bin Rasyid bin Buraid bin Muhammad bin Buraid bin
Musyarrof bin Umar bin Mu’dhad bin Rais bin Zakhir bin Muhammad bin Alwi
bin Wuhaib bin Qosim bin Musa bin Mas’ud bin Uqbah bin Sani’ bin
Nahsyal bin Syaddad bin Zuhair bin Syihab bin Rabi’ah bin Abu Suud bin
Malik bin Hanzhalah bin Malik bin Zaid Manah Ibni Tamim bin Mur bin Ad
bin Thabikhah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.
Adapun ibu beliau adalah Bintu Muhammad Azaz Al-Musyarrofi Al-Wuhaibi
At-Tamimi.[1] Nasab beliau bertemu dengan nasab Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam pada Ilyas bin Mudhar, terus sampai kepada Nabi Ismail
dan Ibrahim ‘alaihimassalam. Beliau berasal dari Bani Tamim, kabilah
yang dicintai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para
sahabat, sebagaimana dalam riwayat berikut,
قَا ل أَبُو هُرَيْرَةَ لَا أَزَالُ أُحِبُّ بَنِى تَمِيمٍ مِنْ ثَلَاثٍ سَمِعْتُهُنَّ مِنْ رَسُولِ الله سَمِعْتُ رَسُولُ الله يَقُولُ هُمْ أَشَدُّ عَلَى الدَّجَّالِ قَالَ وَجَاءَتْ صَدَقَاتُهُمْ فَقَالَ النَّبِىُّ هٰذِهِ صِدَقَاتُ قَوْمِنَا قَالَ وَكَانَتْ سَبِيَّةٌ مِنْهُمْ عِنْدَ عَائِشَةَ فَقَالَ رَسُوْلُ الله أْتِقِيهَا فَإِنَّهَا مِن ْوَلَدِ إِسْمَعاِيلَ
“Abu Hurairah berkata, aku selalu mencintai Bani Tamim karena
tiga perkara yang aku dengarkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam. Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
‘Mereka (Bani Tamim) adalah umatku yang paling keras terhadap Dajjal.’
Kata Abu Hurairah, ketika datang sedekah dari bani Tamim, maka Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ini adalah sedekah dari kaum
kita.’ Lalu Abu Hurairah, ada seorang tawanan (budak) wanita dari Bani
Tamim milik Aisyah radhiallahu ‘anha, maka Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Bebaskan dia, karena sesungguhnya dia
adalah keturunan Nabi Ismail ‘alaihissalam.” (HR. Al-Imam Al-Bukhari dan Al-Imam Muslim)[2]
Beliau dilahirkan pada tahun 1115 H/1703 M di kota Uyainah pada
sebuah rumah yang penuh dengan ilmu dan kemuliaan. Ayah, paman dan kakek
beliau adalah seorang ulama terkemuka pada zamannya.
Beliau telah hafal Al-Qur’an sebelum sepuluh tahun, lalu beliau mulai
belajar fikih kepada bapak dan pamannya sendiri sampai beliau menjadi
sangat matang dalam bidang fikih, sehingga bapak beliau pun sangat kagum
dengan kekuatan hafalannya.
Di samping itu beliau juga banyak menelaah kitab-kitab tafsir, hadits
dan ushul. Beliau sangat giat menuntut ilmu tanpa mengenal waktu sampai
beliau mampu menghafal berbagai macam matan ilmiah dalam berbagai
bidang ilmu, di antara yang beliau hafal dalam ilmu bahasa Arab adalah Matan Alfiyyah Ibni Malik.
Di masa-masa belajar kepada bapak dan pamannya, beliau telah membaca kitab-kitab besar dalam mazhab Hanbali, seperti Asy-Syarhul Kabir, Al-Mugni dan Al-Inshof.
Bahkan beliau sering terlibat dalam pembahasan yang mendalam bersama
bapak dan pamannya dalam masalah fiqh pada kitab-kitab besar tersebut,
karena menyelisihi matan Al-Muntaha dan Al-Iqna’.
Pada masa ini pula beliau banyak membaca kitab-kitab Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah dan muridnya Al-Allamah Ibnul Qoyyim rahimahumallah.[3]
Setelah lama belajar dari bapak dan pamannya, beliau lalu melakukan
perjalanan menuntut ilmu di sekitar Najd, Bashrah, Ahsaa, Makkah dan
Madinah. Di Madinah beliau belajar kepada Al-Allamah Asy-Syaikh Abdullah
bin Ibrahim Asy-Syammari dan anaknya yang dikenal ahli dalam ilmu waris
(farooidh), Asy-Syaikh Ibrahim Asy-Syammari rahimahumallah, penulis kitab, “Al-‘Adzbul Faaid fi Syarhi Alfiyatil Farooidh”.
Dari kedua ulama inilah beliau diperkenalkan kepada seorang ulama ahli
hadits yang terkenal, Asy-Syaikh Muhammad Hayat As-Sindi rahimahullah.
Maka beliau pun belajar ilmu hadits dan rijalnya[4] secara
lebih mendalam kepada Asy-Syaikh Muhammad Hayat As-Sindi, sampai beliau
diberi ijazah[5] atas kitab-kitab induk hadits.[6]
Dari Asy-Syaikh Abdullah bin Ibrahim Asy-Syammari beliau mendapat ijazah hadits al-musalsal bil awwaliyyah,[7] yaitu hadits:
الرَاحِمُونَ يَرحَمُهُمُ الرْمَنُ ارْحَمُوا أَهْلَ الْأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ
“Orang-orang yang penyayang disayangi oleh Allah Yang Penyayang,
sayangilah penduduk bumi, niscaya yang di langit akan menyayangi
kalian.” (HR. Al-Imam Ahmad dan Al-Imam Abu Daud)[8]
Pertama, Dari jalan Ibnu Muflih, dari Syaikhul Islam Ahmad bin Taimiyyah dan berakhir kepada Al-Imam Ahmad bin Hanbal rahimahumallah.
Kedua, Dari jalan Abdur Rahman bin Rajab, dari
Al-Allamah Ibnul Qoyyim, dari gurunya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, dan
juga berakhir kepada Al-Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah.
Asy-Syaikh Abdullah bin Ibrahim Asy-Syammari juga memberikan ijazah periwayatan Shahih Al-Bukhari dan syarahnya, Shahih Muslim dan syarahnya, Sunan At-Tirmidzi, Sunan An-Nasa’i, Sunan Abu Daud, Sunan Ibnu Majah, beberapa karya Ad-Darimi, Musnad Asy-Syafi’i, Muwattha’ Malik dan Musnad Ahmad, dengan sanad bersambung sampai kepada penulisanya.
Ijazah yang sama dalam periwayatan hadits juga diberikan kepada
beliau oleh Asy-Syaikh Ali Afandi Ad-Dagistani dan Asy-Syaikh Abdul
Lathif Al-Ahsai rahimahumullah[9]. Demikianlah, beliau
bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu sampai harus meninggalkan tanah
kelahirannya demi untuk belajar dari para ulama kaum muslimin, hingga
akhirnya beliau dapat meraih ilmu yang luas, bahkan secara khusus
diberikan ijazah oleh guru-guru beliau.
Beliau meninggalkan karya tulis yang cuku banyak, di antaranya Kitab
Tauhid, Tsalatsatul Ushul, Al-Qawa’idul Arba’, Sittatu Ushulin Azhimah
Mufidah, Nawaqidul Islam, Ba’du Fawaaid min Suratil Fatihah, Masaail
Jahiliyyah, Kasyfu Syubuhat, Mukhtasar Sirah Rasulillah shallallahu
‘alaihi wa sallam, Mukhtashar Fathul Bari, Ushulul Iman, Fadhlul Islam,
Adabul Masyyillas Shollah, dll.
Alhamdulillah sebagian besar karya-karya beliau telah dicetak dan
diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dunia, termasuk Bahasa Indonesia.
Demikian pula kajian-kajian (dalam bentuk ceramah) penjelasan
kitab-kitab beliau sudah banyak tersebar baik dalam Bahasa Arab maupun
Indonesia,[10] sehingga orang yang adil dan obyektif haruslah membaca
karya-karya beliau sebelum menghukumi.
JANGAN HANYA MENERIMA INFORMASI DARI SATU PIHAK YANG MEMUSUHI BELIAU, APALAGI YANG MERASA KEPENTINGAN MEREKA DIRUGIKAN DENGAN DAKWAH TAUHID DAN SUNNAH YANG BELIAU SERUKAN.
Pujian Para Ulama Dan Tokoh Dunia kepada Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah
1. Al-Imam Al-Amir Muhammad bin Ismail Ash-Shon’ani (Penulis Kitab Subulus Salam syarah Bulughul Marom, Yaman). Beliau berkata dalam bait-bait syairnya,
“Muhammad (bin Abdul Wahhab) adalah penunjuk jalan kepada
sunnahnya Ahmad (shallallahu ‘alaihi wa sallam), Aduhai betapa mulianya
sang penunjuk dengan yang ditunjuk. Sungguh telah mengingkarinya semua
kelompok (sesat). Pengingkaran tanpa dasar kebenaran dan tanpa pijakan.”[11]
2. Al-Imam Muhammad bin Ali Asy-Syaukani (Penulis Kitab Nailul Authar,
Yaman). Ketika sampai berita kematian Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab
rahimahullah, Al-Imam Asy-Syaukani rahimahullah pun merangkai bait-bait
syairnya,
“Telah wafat tonggak ilmu dan pusat kemuliaan, Rujukan
utama orang-orang pilihan yang mulia. Ilmu-ilmu agama nyaris hilang
bersama wafatnya, Wajah kebenaran pun hampir lenyap tertelan derasnya
arus sungai.”[12]
3. Syaikh Muhammad Rasyid Ridho (Pimpinan Majalah Al-Manar,[13] Mesir). Beliau berkata,
“Zaman yang telah banyak tersebar bid’ah ini, tidak akan pernah
berlalu tanpa adanya ulama rabbaniyyin yang terpilih untuk memperbarui
kembali bagi umat ini urusan agama mereka dengan dakwah dan ta’lim serta
teladan yang baik.
Mereka adalah orang-orang terpilih yang menafikkan dari agama
ini; penyimpangannya orang-orang yang melampaui batas, kedustaan dengan
mengatasnamakan agama yang dilakukan oleh orang-orang yang sesat dan
penakwilan orang-orang jahil, sebagaimana dijelaskan dalam hadits
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab di antara ulama
pembaharu yang terpilih itu. Beliau bangkit untuk mengajak kepada tauhid
dan memurnikan ibadah hanya kepada Allah semata, meninggalkan bid’ah
dan kemaksiatan.”[14]
4. Syaikh Muhammad Hamid Al-Faqi (Ulama Al-Azhar, Mesir). Beliau berkata,
“Al-Wahhabiyyah adalah penisbatan kepada seorang Imam
Al-Mushlih (yang mengadakan perbaikan), Syaikhul Islam Muhammad bin
Abdul Wahhab, beliau adalah Mujaddid (pembaharu) abad ke-12 Hijriyah.
Namun penisbatan nama Wahabi kepada beliau salah menurut bahasa Arab,
yang benar penisbatannya adalah Muhammadiyyah (bukan Wahabiyah), karena
nama beliau Muhammad bukan Abdul Wahhab.”[15]
5. Dr. Thaha Husain (Sastrawan, Mesir). Beliau berkata,
“Sungguh dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab adalah
mazhab baru namun hakikatnya lama, kenyataannya ajaran ini memang baru
bagi orang-orang yang hidup di zaman ini, tetapi hakikatnya lama. Sebab
dakwah beliau tidak lain hanyalah ajakan yang kuat kepada Islam yang
murni, bersih lagi suci dari noda-noda syirik dan paganisme.”[16]
6. Dr. Taqiyyuddin Al-Hilali (Ulama Iraq). Beliau berkata dalam muqaddimah kitab, ‘Muhammad bin Abdul Wahhab Muslihun Mazlumun wa Muftara ‘Alaihi’,
“Tidak samar lagi bahwa Al-Imam Ar-Rabbani Al-Awwab
Muhammad bin Abdul Wahhab bangkit dengan dakwah hanifiyyah (tauhid),
beliau telah melakukan pembaharuan kembali zaman Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam dan para sahabat. Dan beliau mendirikan daulah yang
mengingatkan manusia dengan daulah Khulafaur Rasyidin.”[17]
7. Syaikh Mahmud Syukri Al-Alusi (Ulama Iraq)
Beliau berkata, “Baliau (Syaikh Muhammad bin Abdul
Wahhab) termasuk ulama yang selalu memerintahkan kepada yang ma’ruf dan
melarang dari yang munkar, dahulu beliau mengajarkan sholat dan
hukum-hukumnya serta seluruh rukun-rukun agama, beliau juga selalu
memerintahkan untuk berjama’ah.”[18]
8. Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili (Penulis Kitab Al-Fiqhul Islami wa Adillatuhu, Syam). Beliau berkata,
“Ibnu Abdil Wahhab memulai dakwahnya pada tahun 1143 H
atau 1730 M, beliau mengajak kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang
munkar. Dakwah beliau adalah pelopor kebangkitan baru di seluruh dunia
Islam. Beliau sangat memprioritaskan dakwahnya kepada tauhid yang
merupakan tiang Islam, yang pada kebanyakan manusia telah tercampur
dengan kerusakan-kerusakan (aqidah).”[19]
9. Syaikh Ahmad bin Hajar bin Muhammad Alu Abu Thaami (Hakim Pengadilan Syari’ah, Qatar).
Pujian beliau kepada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab tertuang dalam satu kitab karya beliau yang berjudul, “Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Aqidatuhu As-Salafiyyah wa Da’watuhu Al-Ishlahiyyah wa Tsanaul Ulama ‘Alaihi”, yang berarti, “Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Aqidahnya Salafiyah dan Dakwahnya Perbaikan dan Pujian Ulama Kepadanya.” Cetakan kedua buku ini diberi kata pengantar dan dikoreksi beberapa bagiannya oleh Asy-Syaikh Bin Baz rahimahullah.
10. Syaikh Muhammad Basyir As-Sahsawani (Ulama Ahli Hadits, India)
Pujian beliau kepada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah juga tertuang dalam satu kitab karya beliau yang berjudul, ‘Shiyanatul Insan ‘an Waswasati Syaikh Dahlan’,
kitab ini merupakan bantahan terhadap kedustaan-kedustaan Ahmad Zaini
Dahlan terhadap Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.
Masih banyak lagi pujian ulama dan tokoh dunia terhadap dakwah Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah yang tidak mungkin kami hadirkan
semuanya di sini. Semoga yang sedikit ini bisa menggambarkan kepada
para pembaca yang budiman akan hakikat dakwah beliau, sehingga pembaca
tidak mudah tertipu dengan orang-orang semisal saudara Idahram dan
kelompoknya yang berusaha menjelek-jelekkan dakwah yang mulia ini.
Footnote:
[1] Ulama Najd Khilal Sittah Qurun, 1/26, sebagaimana dalam Aqidah Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab wa Atsaruha fil ‘Alam Al-Islami, 1/120.
[2] HR. Al-Imam Al-Bukhari no. 2405 dan Al-Imam Muslim no. 2525 dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.
[3] Min A’lamil Mujaddidin, Syaikh Shalih Al-Fauzan, hal. 83-88.
[4] Ilmu rijalul hadits ini kelak diwariskan oleh cucu
beliau As-Syaikh Sulaiman bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul Wahhab
rahimahumullah penulis kitab Taisirul ‘Azizil Hamid.
Guru kami di Najd, Asy-Syaikh Ahmad Al-Khudairi hafizhahullah (Da’I
Kementerian Agama Saudi dan Imam Masjid Al-Muqbil di kota Buraidah,
Qosim, KSA) mengatakan, “Syaikh Sulaiman menghapal rijal (perawi-perawi) Kutubus Sittah melebihi hapalannya terhadap rijal (penduduk) kampung kecil Dir’iyyah.”
[5] Orang yang belajar sampai diberi ijazah oleh gurunya menunjukkan
kematangannya dalam ilmu tersebut, ini sekaligus bantahan terhadap usaha
licik Idahram untuk menjatuhkan kedudukan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul
Wahhab rahimahullah dalam keilmuan. Dengan sombongnya saudara Idahram
berkata, “Pengetahuan agamanya kurang memadai…” (Sejarah Berdarah…, hal.31)
[6] Tarjamatul Muallif: Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab, Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim As-Sulaiman semoga Allah menjaganya, dicetak bersama Syarhu Kasyfisy Syubuhat, Asy-Syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah, hal. 7-8.
[7] Hadits ini diistilahkan oleh muhadditsin dengan al-musalsal bil awwaliyyah, yang artinya hadits bersambung pada periwayatan yang pertama, dikarenakan para muhaddits
apabila akan memberikan ijazah periwayatan hadits kepada muridnya, maka
mereka akan mulai dengan hadits ini dengan mengatakan kepada perawi di
bawahnya, “Dan ini adalah hadits pertama yang aku dengar dari guruku.”
Hal ini dilakukan sebagai peringatan bahwa ilmu ini dibangun di atas
dasar kasih sayang dan kelembutan kepada para penuntut ilmu dan pencari
kebenaran.
Peringatan ini sangat berpengaruh dalam diri Asy-Syaikh rahimahullah,
sehingga sudah menjadi ciri khas beliau dalam penulisan kitab, beliau
selalu mendoakan para pembaca kitabnya dengan, “Rahimakallah (semoga Allah Ta’ala menyayangimu).” [Syarhu Ushul Ats-Tsalatsah, Asy-Syaikh Shalih Alusy Syaikh, dicetak bersama Jami’ul Ushul hal. 424].
[8] HR. Al-Imam Ahmad no. 6494 dan Abu Daud no. 4943 dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiallahu ‘anhuma dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’, no. 3522.
[9] Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Aqidatuhu As-Salafiyyah wa Da’watuhu Al-Ishlahiyyah wa Tsanaul Ulama ‘alaihi,
karya Qadhi Mahkamah Syar’iyyah Negeri Qatar, Asy-Syaikh Ahmad bin
Hajar bin Muhammad Alu Abu Thaami rahimahullah, hal. 11-12. Cetakan
kedua buku ini juga diberi kata pengantar dan dikoreksi oleh Asy-Syaikh
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz rahimahullah.
[10] Alhamdulillah kami memiliki karya ilmiah berupa ceramah penjelasan Kitab Tauhid (dalam 5 CD dan 67 bab, disertai lebih dari 1000 tanya jawab), Tsalatsatul Ushul, Al-Qawa’idul Arba’, Sittatu Ushulin Azhimah Mufidah, Nawaqidul Islam, Ba’du Fawaaid min Suratil Fatihah dan Masaail Jahiliyyah.
Bagi yang ingin mendengarkan kami persilahkan dengan senang hati. Para
ustadz yang lain juga memiliki karya ilmiah yang serupa dan lebih bagus
dari apa yang kami sampaikan.
[11] Diwan Ash-Shon’ani, hal 128-129, sebagaimana dalam Majmu’atur Rosaail At-Taujihaat Al-Islamiyah Li Ishlahil Fardi wal Mujtama’, 3/239.
[12] Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Aqidatuhu As-Salafiyyah wa Da’watuhu Al-Ishlahiyyah wa Tsanaul Ulama ‘alaihi, hal. 60.
[13] Konon kabarnya majalah Al-Manar ini disebarkan oleh As-Surkati
(pendiri Al-Irsyad) di Indonesia, walaupun Al-Irsyad sendiri –menurut
saudara Idahram (pada catatan kaki nomor 31, hal. 43)- nampaknya tidak
mau dihubung-hubungkan dengan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab
rahimahullah wa hadaahum.
[14] Muqaddimah Shiyanatul Insan, hal. 5, sebagaimana dalam Majmu’atur Rosaail At-Taujihaat Al- Islamiyah Li Ishlahil Fardi wal Mujtama’, 3/239.
[15] Majmu’atur Rosaail At-Taujihaat Al- Islamiyah Li Ishlahil Fardi wal Mujtama’, 3/240.
[16] Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Aqidatuhu As-Salafiyyah wa Da’watuhu Al-Ishlahiyyah wa Tsanaul Ulama ‘alaihi, hal. 69.
[17] Majmu’atur Rosaail At-Taujihaat Al- Islamiyah Li Ishlahil Fardi wal Mujtama’, 3/240.
[18] Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Aqidatuhu As-Salafiyyah wa Da’watuhu Al-Ishlahiyyah wa Tsanaul Ulama ‘alaihi, hal. 65.
[19] Majmu’atur Rosaail At-Taujihaat Al- Islamiyah Li Ishlahil Fardi wal Mujtama’, 3/242.
Ditulis oleh Al-Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray hafidzhahullah dalam buku “Salafi, Antara Tuduhan dan Kenyataan” penerbit TooBagus cet. pertama. Bantahan terhadap buku “Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi” karya Syaikh Idahram hadahullah.
Dicopy paste dari:
------------------------------
http://rizkytulus.wordpress.com/2011/08/11/menjawab-tuduhan-idahram-siapakah-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahhab-pujian-ulama-terhadap-beliau/
------------------------------
Dicopy paste dari:
------------------------------
http://rizkytulus.wordpress.com/2011/08/11/menjawab-tuduhan-idahram-siapakah-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahhab-pujian-ulama-terhadap-beliau/
------------------------------
dan termasuk blog yang menyebarkan karya-karya beliau adalah blog ini Maktabah attamimi
BalasHapus