Pelajaran Kitab At-Tauhid
(Karya Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab rahimahullah)
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Sekapur Sirih
Teramat tepatlah ungkapan berikut ini:
أَيَّامُ الدِّرَاسَةِ هِيَ الأَيَّامُ الْخَيْرِيَّةُ
“Hari-hari belajar adalah hari-hari yang penuh kebaikan”
Alhamdulillah, itulah yang kami rasakan
ketika duduk di ma’had As-Salafy Jember. Bersimpuh di hadapan para
asatidzah dalam rangka menggali warisan para nabi dan rasul. Itulah ilmu
agama, dengannya akan diraih kebahagiaan di dua negeri, dunia dan
akhirat. Di antara bentuk syukur kami kepada Allah kemudian terima kasih
kami kepada para asatidzah, para pembimbing kami, adalah dengan
berusaha menyebarkan ilmu yang telah kami dapatkan dari mereka, semoga
Allah membalas kebaikan mereka.
Walaupun sedikit dan serba kurang,
berikut ini kami sampaikan beberapa faidah yang terkait dengan pelajaran
aqidah bersama Al-Ustadz Abu ‘Amr Ahmad Alfianhafizhahullah. Dengan kitab Qurratu ‘Uyunil Muwahhidin fii Tahqiq Da’watil Anbiya’ Wal Mursalin Syarah Kitabit Tauhid karya Asy-Syaikh ‘Abdurrahman Bin Hasan bin Muhammad bin ‘Abdul Wahhab rahimahumullah sebagai
kitab rujukan bagi kami. Pelajaran ini disampaikan untuk Thullab
I’dadiy ma’had As Salafy Jember setiap hari pukul 05.30. Semoga
bermanfaat bagi kami dan para pembaca sekalian!! Amin.Selamat menikmati.
Jember
Qubail Maghrib – 3 Rajab 1432 H
BIOGRAFI SINGKAT PENULIS
Beliau adalah Al-’Allamah Al-Mujaddid
Al-Imam Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdul Wahhab bin Sulaiman bin ‘Ali
bin Musyaraf Al-Wuhaibi dari Bani Hanzholah bin Malik At-Tamimi rahimahullah,
terlahir di ‘Uyainah pada tahun 1115 H. Nama kunyah beliau adalah Abul
‘Ali atau juga ada yang berpendapat bahwa nama kunyah beliau adalah Abu
‘Abdillah atau Abul Husain. Beliau rahimahullahtumbuh di bawah
atap keluarga yang memiliki segudang keutamaan. Kedua orang tua beliau
merupakan orang-orang yang mulia. Ayah beliau adalah Asy-Syaikh ‘Abdul
Wahhab bin Sulaiman (wafat 1153 H) termasuk di antara deretan para
‘ulama yang masyhur ketika itu, sekaligus menjabat sebagai Qodhi
‘Uyainah. Sedangkan kakek beliau Asy-Syaikh Sulaiman (wafat 1079 H)
terkenal sebagai ahli fiqih dan fatawa. Begitu juga paman beliau Asy
Syaikh Ibrahimrahimahullah. Adapun ibunda beliau adalah putri dari Asy-Syaikh Muhammad bin Azzaz rahimahullah.
Telah tampak di masa kecilnya kekuatan hafalan dan kecerdasan. Beliaurahimahullah telah menghafal Al Qur’an pada usianya yang masih sangat dini, yakni belum menginjak 10 tahun. Pada saat itu pula beliau rahimahullah telah sibuk dengan menelaah beberapa kitab dalam bidang hadits dan ucapan-ucapan para ‘ulama.
Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala
telah melapangkan dada beliau untuk mengetahui dengan benar hakikat
tauhid sekaligus pengamalannya dan mengetahui pula lawan darinya yaitu
syirik, yang mana pada zaman itu syirik telah menyebar di berbagai
penjuru negeri. Mulailah beliau rahimahullahmenyingsingkan lengan baju untuk berdakwah di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala, menyeru kepada tauhid dan mengubur sedalam-dalamnya syirik danbid’ah-bid’ah. Segala pujian hanyalah bagi-Nya. Melalui dakwah beliau AllahSubhanahu wa Ta’ala menghidupkan hati-hati yang telah dibunuh oleh Iblis dengan kesyirikan dan kebid’ahan,
membuka kembali mata-mata yang telah dibutakan oleh hawa nafsu dan
kemaksiatan, memunculkan kembali cahaya tauhid yang sinarnya begitu
hangat menembus setiap kalbu yang terpilih, yang sebelumnya cahaya
tersebut terhalangi dan tertutupi oleh awan-awan kejahilan.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
وَاللهُ مُتِمُّ نُوْرِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ
“Dan Allah yang akan menyempurnakan cahaya-Nya walaupun orang-orang kafir membencinya.” (Ash-Shaff: 8)
Rihlah Beliau rahimahullah dalam Menuntut Ilmu
Betapa indahnya apa yang diucapkan oleh seorang penyair:
وَكُلُّ خَيْرٍ فِيْ اتِّبَاعِ مَنْ سَلَفَ وَكُلُّ شَرٍّ فِيْ ابْتِدَاعِ مَنْ خَلَفَ
Dan seluruh kebaikan pada mengikuti salaf
Dan seluruh kejelekan pada bid’ah orang-orang salaf
Di antara kebaikan yang diwariskan oleh
para ulama salaf yang wajib diikuti adalah rihlah (melakukan perjalanan)
untuk menuntut ilmu syar’i, karena dengan ilmu syar’i-lah akan kokoh
dan semakin sempurna tauhid dan iman seorang hamba.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
فَاعْلَمْ أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ
“Maka Ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah.” (Muhammad 19)
Berdalil dengan ayat di atas, Al-Imam Al-Kabir Al Muhaddits Abu ‘Abdillah Muhammad bin ‘Ismail Al-Bukhari Rahimahullah berkata:
الْعِلْمِ قَبْلَ الْقَوْلِ وَ الْعَمَلِ
“Berilmu terlebih dahulu sebelum berkata dan berbuat”.
Maka mulailah beliau Rahimahullah
menuntut ilmu dari para masyaikh yang ada di negeri baliau. Guru
pertamanya adalah ayahahanda beliau sendiri, Asy Syaikh ‘Abdul Wahhab Rahimahullah. Kemudian beliau Rahimahullah melakukan rihlah ke Hijaz (Makkah dan Madinah), Bashrah, Ahsa’ dan beberapa negeri yang padanya hidup para pewaris Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.
Di antara guru-guru beliau :
1. Asy-Syaikh Abdullah bin Ibrahim bin Saif.
2. Asy-Syaikh Muhammad Hayat As-Sindi.
3. Asy-Syaikh Muhammad Al-Bashri.
4. Asy-Syaikh Al-Musnid Al-Bashri.
5. Asy-Syaikh ‘Abdul Lathif Al-Afalaqi Al-Ahsa’i.
Dan masih banyak lagi.
MURID-MURID BELIAU
Seorang yang terkumpul padanya begitu banyak keutamaan dan mempelajari ilmu dari para ulama pewaris para nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,
sangat pantas sekali untuk didatangi oleh para penuntut ilmu guna
mempelajari darinya bagaimana akhlak seorang ulama. Di samping dalam
rangka untuk belajar ilmu-ilmu yang telah dipelari. Maka berdatanglah
secara silih berganti para penuntut ilmu kepada Asy-Syaikh Muhammad bin
Abdul Wahhab Rahimahullah. Mereka mengetahui betapa tinggi nan mulia kedudukan yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada beliau Rahimahullah. Akan tetapi semua itu tidaklah menjadikan Asy Syaikh Rahimahullah takabbur lagi sombong, bahkan beliau Rahimahullahmasyhur
dengan kelemah-lembutannya kepada orang-orang yang berada di dekat
beliau dan betapa tawadlu’nya beliau kepada para penuntut ilmu,
orang-orang yang ingin bertanya padanya dan orang-orang yang memiliki
hajat kepadanya.
Berikut ini adalah sebagian murid-murid beliau:
1. Al Imam Al Mujahid ‘Abdul ‘Aziz bin Muhammad bin Su’ud.
2. Al Amir Su’ud bin ‘Abdul Aziz bin Muhammad.
3. Anak-anak beliau; Husain, Abdullah, Ali dan Ibrahim yang mereka semuanya adalah para ulama.
4. Cucu beliau, Asy-Syaikh Sulaiman bin ‘Abdillah bin Muhammad bin ‘Abdil Wahhab, penulis kitab Taisiril ‘Azizil Hamid
5. Cucu beliau, Asy Syaikh ‘Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin ‘Abdul Wahhab penulis kitab Fathul Majid dan Qurrotu ‘Uyunil Muwahhidin.
6. Asy Syaikh Ahmad bin Nashir bin ‘Utsman bin Mu’amar.
7. Asy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah Al Hushain.
8. Asy Syaikh Hammad bin Nashir bin Mu’ammar.
9. Asy Syaikh Husain bin Ghan’am.
dan selain mereka.
KARYA TULIS BELIAU Rahimahullah
1. Kitabut Tauhid
2. Kasyfusy Syubhat fit Tauhid
3. Tsalatsatul Ushul wa Adillatuha
4. Ushulul Iman
5. Tafsirul Fatihah
dan karya-karya lainnya.
WAFAT BELIAU Rahimahullah
Sungguh di antara musibah terbesar yang
menimpa umat ini, pada akhir bulan Dzulqa’dah tahun 1206 H adalah dengan
diwafatkannya Al Imam Syaikhul Islam Muhmammad bin ‘Abdul Wahhab Rahimahullah,
dalam usia kurang lebih 92 tahun. Beliau v menghabiskan umur tersebut
dalam ketaatan, baik itu dalam hal ilmu, jihad dan dakwah. Beliau Rahimahullah dimakamkan di pekuburan Dir’iyyah. Semoga rahmat Allah ‘Azza wa Jalla senantiasa tercurah kepada beliau, dan meninggalkan derajatnya di sisi-Nya.
AQIDAH BELIAU Rahimahullah
Di antara nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala
yang di berikan kepada beliau adalah dilapangkannya hati beliau untuk
menerima aqidah yang suci lagi murni, aqidah islam Ahlus Sunnah wal
Jama’ah. Aqidah yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah di atas
pemahaman As Salafus Shalih. Itulah islam yang hakiki, yang diajarkan
oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kepada para shahabatnya yang mulia. Agama yang akan terus pasti dijaga olehRabbul’alamin.
Bukan Islam yang dipahami oleh kaum Khawarij, Syi’ah, Qadariyyah dan
yang semisal mereka, bukan pula yang hanya sekedar pengakuan belaka
tanpa arti bagaimana yang terjadi pada kaum munafik, bukan pula yang
masyhur diistilahkan dengan “Islam KTP”.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
ذَلِكَ فَضْلُ اللهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللهُ ذُوْ الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ
“Yang demikian itu adalah keutamaan
dari Allah yang diberikan kepada yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha
Memiliki segala keutamaan dan Keagungan” (Al Jumu’ah 4)
Asy Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab Rahimahullah berkata: “Aku bersaksi kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan siapa saja yang hadir dari para malaikat, dan juga aku bersaksi kepada kalian; bahwasannya aku benar-benarberaqidah dengan aqidahnya Al-Firqatun Najiyyah, Ahlusunnah wal Jama’ah.”
Di lain kesempatan beliau Rahimahullah berkata: “Aku khabarkan kepada kalian bahwasannya aku -dan segala pujian hanyalah bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala- adalah seorang yang mengikuti saja ( yakni mengikuti sunnah RasulullahShallallahu ‘alaihi wa Sallam dan jalan para salafush shalih), bukan seorang yang mengadakan hal-hal yang baru (bid’ah) dalam agama. Aqidahku dan agamaku yang aku beragama kepada Allah Ta’ala dengannya adalah madzhab Ahlussunnah wal Jama’ah“.
Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab Rahimahullah berkata pula:
“Alhamdulillah, Aku bukanlah seorang
yang menyeru dan mengajak manusia kepada madzhab seorang sufi atau
seorang ahli fiqih tertentu atau seorang ahli kalam (filsafat) atau
seorang imam yang diagungkan oleh pengikutnya – hanyalah aku menyeru dan
mengajak untuk kembali kepada Allah saja tiada sedikit dan sekecil
apapun sekutu bagi-Nya, dan juga (aku mengajak) kepada sunnah (jalan
hidup) yang telah diwariskan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu
‘alaihi wa Sallam.”
Begitullah ikrar Asy Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab Rahimahullah. Sungguh apa yang beliau Rahimahullah ucapkan sangat sesuai dengan apa yang beliau Rahimahullah
lakukan. Maka amat sangat naif sekali jika terlontar tuduhan bahwa
beliau dan orang-orang yang bersama beliau dianggap sebagai penganut
aliran, sekte, madzhab baru dalam Islam, atauh madzhab ke-5 dalam Islam.
Mereka juga menyematkan gelar “Wahhabi”, mereka mengatakan bahwa kaum
“Wahhabi” adalah antek-antek Inggris, atau sekutu Inggris. Mereka juga
menuduh bahwa kaum “Wahhabi” membrontak terhadap Daualah Utsmaniyyah.
Kaum “Wahhabi” mereka anggap telah menghinakan siar-syiar Islam, dan
sekian banyak tuduhan tak bertanggung jawab lainnya yang sengaja
dilontarkan oleh tokoh-tokoh tarekat shufiyah atau syi’ah Rafidhah yang
“kegerahan” dan resah dengan keberadaan dakwah Tauhid yang ditegakkan
oleh Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab.
PUJIAN PARA ULAMA
Beliau bukanlah seorang yang suka atau
mengharap pujian dari manusia, akan tetapi inilah kabar gembira yang
disegerakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’alakepada siapa yang Dia kehendaki.
Ibnu Badran Rahimahullah berkata dalam memuji Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab :
“Al-’Alim Al-Atsari, Al-Imam
Al-Kabir Muhmammad bin ‘Abdul Wahhab Rahimahullah seorang yang telah
menempuh perjalanan jauh (rihlah) untuk menuntut ilmu, yang telah
memperoleh ijazah oleh para ahlul hadits pada zaman beliau dengan
beberapa kitab hadits dan selainnya. Dan tatkala keilmuan beliau
Rahimahullah tentang atsar dan ilmu as-Sunnah telah matang dan telah
pula mahir dalam madzhab Imam Ahmad,[1]
beliau mulai menolong Al Haq memerangi bid’ah dan menentang, melawan
segala hal baru yang dimasukan oleh orang-orang bodoh kedalam agama
ini.”
Al-‘Allamah Al-Imam Muhammad bin ‘Ali Asy Syaukani (penulis kitab Nailul Authar) berkata dalam bait-bait syairnya:
Sungguh benar-benar telah terbit cahaya di Nejed dengan kemilaunya
Kedudukan tinggi Al Huda telah kokoh berdiri di atas dalil-dalilnya
Begitu pula para ulama yang sejaman
dengan beliau telah memberikan berbagai pujian dan sanjungan kepada
beliau dan apa yang beliau bawa, sepertiAl-‘Allamah Al-Imam Al-Amir Ash-Shan’ani (penulis kitab Subulus Salam Syarah Bulughul Maram), kemudian seorang ulama dari Ahsa’ Asy-Syaikh Husain Bin Ghunnam
dan masih terlalu banyak para ulama lainnya yang memberikan pujian dan
sanjungan kepada beliau. Tidak ada yang mengetahui jumlah mereka kecuali
hanya Allah Ta’ala. Bahkan lawan-lawan beliau pun memberikan kesaksian
bahwa beliau adalah seorang yang melakukan perbaikan (Al Mushlih Al Akbar).
Di samping beliau sibuk dengan dakwah
untuk mengembalikan manusia ke dalam cahaya Tauhid yang terang benderang
dari gelap gulitanya kesyirikan dan berjihad dalam menghancurkan para
pembela syubhat dan para pengusung bendera kebathilan, beliau
juga seorang yang zuhud dan ahli ibadah, yang banyak memberikan
sumbangsihnya kepada Islam dan kaum muslimin, terkhusus para penuntut
ilmu, berupa pengajaran tentang Kitabullah dan sunnah Rasululllah Shallallahu wa Sallam.
Beliau terus melanjutkan dakwahnya
dengan berbagai metode. Mulai dari mengajar dan menjelaskan ilmu,
menulis buku, memberi nasihat dan peringatan, amar ma’ruf dan nahi
mungkar serta mengirim surat-surat kepada negeri-negeri di sekeliling
beliau. Pemerintah masa itu memberikan pertolongan dan dukungan kepada
dakwah beliau, bahkan merealisasikan ucapan-ucapan beliau. Sehingga
berdirilah Daulah Islam Negara Kerajaan Saudi ‘Arabia dengan Al-Imam
Muhammad bin Su’ud Rahimahullah sebagai raja pertamanya. Negara
ini adalah negara yang sah secara syar’i, wilayah Dir’iyyah pada saat
itu bukanlah termasuk wilayah kekuasaan Daulah ‘Utsmaniyyah. Maka Negara
Saudi ‘Arabia ini pun tampil pula menegakkan Dakwah Tauhid, sebagai
wujud melanjutkan dakwah para nabi dan rasul.
Namun terjadi berbagai penetangan dakwah
yang dilakukan oleh negeri-negeri sekitar, mereka berusaha menghalangi
dakwah tauhid, menutup jalan-jalan penyebaran dakwah.Mereka memusuhi
tauhid dan Negara tauhid.
Sehingga setelah tegak dan jelas hujjah atas mereka, tatkala penentangan terhadap tauhid terus semakin gencar, maka terpaksa upaya jihad fii sabilillahpun
digulirkan. Tak terelakkan, terjadilah sekian banyak pertempuran antara
pasukan pembela kebenaran dengan pasukan pembela kebatilan
(kesyirikan). Keputusan Allah Ta’ala pasti, bahwa kemenangan akan
senantiasa berpihak kepada pembela kebenaran. Allah Subhanahu wa Ta’ala menolong
dakwah tauhid. Maka tersebarlah dakwah tauhid, pasukan pembela tauhid
berhasil menguasai berbagai negeri. Hingga akhirnya benar-benar
tegaklah daulah tauhid (pemerintahan yang berlandaskan ajaran
tauhid) di Jazirah Arab. Pupus sudahlah permusuhan dan perlawanan para
pembela kesyirikan, bid’ah dankhurafat.
Dari sini, muncullah para ulama yang
menyeru kepada ajaran tauhid. Mereka tersebar di berbagai negeri.
Karya-kayra beliau yang mengandung berbagai upaya perbaikan terhadap
umat tersebar dan “menjamur” di tengah-tengah umat. Sebaliknya, padam
dan sirnalah musuh-musuh tauhid. Hangus dan usanglah perlawanan mereka.
Sebagaimana firman Allah Ta’ala :
“Adapun buih itu, akan hilang
sebagai sesuatu yang tak ada harganya; adapun yang memberi manfaat
kepada manusia, maka ia tetap di bumi.”
Namun sekali lagi dakwah tauhid yang
penuh barakah ini banyak mendapat pertentangan. Terutama orang-orang
yang membela kesyirikan karena mereka mendapatkan untung dengan
lestarinya kesyirikan dan kebodohan di tengah-tengah umat. Baik mereka
dari kalangan tokoh-tokoh tarekat Shufiyyah, Syiah-Rafidhah atau kaum pergerakan.
BUAH DAKWAH TAUHID YANG DITEGAKKAN OLEH SYAIKHUL ISLAM MUHAMMAD BIN ‘ABDIL WAHHAB Rahimahullah
- Tersebarnya ‘aqidah salafiyah, hidupnya sunnah, matinya bid’ah dan khurafat, dan tumbuhnya antusias untuk kembali kepada ajaran Al Kitab dan As Sunnah.
- Tegaknya berbagai pergerakan ilmiah, bermunculannya para ulama dan menjamurnya perpustakaaan- perpustakaaan yang berisi kitab-kitab ilmu.
- Tegaknya Daulah Islamiyah Kerajaan Saudi ‘Arabia, yang bersumber hukum Al Kitab dan As Sunnah. Menegakkan dakwah tauhid, sebagai ladang percontohan bagi kaum muslimin idi seluruh penjuru negeri di bidang keamanan.
- Meluasnya pengaruh positif dari dakwah ini, berupa penerangan dan penjelasan kepada kaum muslimin keapada jalan kebenaran bagi negeri-negeri sekeliling. Bahkan mereka menjadikannya sebagai contoh dan teladan.
- Timbulnya semangat pembaharuan dan jihad menegakkan tauhid dan memberantas berbagai kesyirikan, kebid’ahan, khurafat, pengkultasan akal, dan lainnya yang banyak dipelihara dan ditumbuhsuburkan oleh tokoh-tokoh sufi atau syi’ah rafidhah, atau para pengikut mu’tazilah di banyak negeri.
- Timbulnya semangat berjihad melawan penjajahan barat di alam Islami. Yang selama ini semangat jihad tersebut mati akibat ajaran-ajaran sesat kaum sufi, syi’ah rafidhah, dan lainnya.
- Tersebarnya berbagai kitab-kitab salaf, mulai dari proses pencetakan hingga pembagiannya ketika musim haji.
- Berdirinya berbagai lembaga dan pusat dakwah Islam.
Sekelumit Tentang Kitab At-Tauhid
Nama lengkap karya besar Syaikhul Islam Muhammad bin ‘Abdul Wahhabrahimahullah ini adalah
كِتَابُ التَّوْحِيْدِ الَّذِيْ هُوَ حَقُّ اللهِ عَلَى الْعَبِيْدِ
yang berarti Kitab Tentang Tauhid, yang merupakan Hak Allah atas Seluruh Hamba-Nya.
Sejarah Penulisan
Asy-Syaikh Abdul Lathif bin Abdurrahman menyebutkan dalam Majmu’atur Rasa`il bahwasannya
Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab menulis Kitabut Tauhid di
Huraimla`. Kemungkinan besar karya tulis ini ditulis dalam bentuk kitab
secara utuh di kota ini. Adapun awal mula penulisan kitab ini yang
ketika itu masih berupa lembaran-lembaran maka sungguh telah ditulis
sebelum ini di kota Bashrah.
Cucu beliau, Asy-Syaikh Abdurrahman bin Hasan berkata dalam salah satu risalah beliau yang yang termuat dalam Ad-Durarus Saniyah bahwa
kakeknya (Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab) telah menulis Kitabut
Tauhid di Bashrah, yang mana orang-orang yang dekat maupun orang yang
jauh telah memberikan persaksian tentang keutamaan Asy Syaikh dan kitab
ini. Dan kitab ini menjadi sederetan kitab-kitab yang diajarkan di
madrasah-madrasah yang ada di Bashrah. Dan dimasukkan dalam kitab-kitab
hadits.
Sanjungan Ulama Terhadap Kitab Ini
- Asy Syaikh Sulaiman bin Abdillah bin Muhammad bin Abdul Wahhab berkata dalam kitabnya Taisirul ‘Azizil Hamid: “Penulis kitab yang tiada duanya di bidangnya, belum pernah ditulis kitab yang semisalnya sebelumnya dan belum pernah akan ada yang semisal setelahnya.”
- Asy Syaikh Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahhab berkata: “Penulis telah mengumpulkan di dalamnya kebaikan yang melimpah walaupun ringkas bentuknya. Terkandung di dalamnya dalil-dalil tentang tauhid yang mencukupi bagi siapa yang diberi taufik oleh Allah Ta’ala. Terkandung pula di dalamnya dalil-dalil tentang syirik yang mana dosa tersebut tidak mungkin diampuni oleh Allah Ta’ala.”
- Asy Syaikh Abdurrahman Al Juthali berkata: “Kitabut Tauhid, yang membahas tentang masalah tauhid, hak Allah Ta’ala yang harus ditunaikan oleh seorang hamba, termasuk di antara kitab yang besar manfaatnya di dalam mengenal tauhid dan pembagiannya. Sekaligus peringatan tentang bahaya syirik, bentuk-bentuknya atau macam-macamnya. Juga terdapat di dalamnya perkara-perkara yang mencegah agar tidak jatuh ke dalam syirik. Terdapat juga penjelasan tentang ancaman bagi siapa yang terjatuh ke dalamnya dan segala hal yang bisa menyeret seorang hamba kepadanya.”
- Asy Syaikh Abdullah Ad Duwaisy berkata: “Kitab At Tauhid yang ditulis oleh Al Imam Al Mujaddid Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab -semoga Allah Ta’ala melimpahkan pahala yang banyak kepada beliau- adalah kitab yang menakjubkan, spektakuler di bidangnya dalam menjelaskan tentang tauhid dan segala sesuatu yang bisa memadamkannya, yaitu syirik.”
- Berkata Asy Syaikh Abdullah Al Jarullah: “Beliau telah menulis sebuah kitab yang berharga/bernilai -yakni Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab- dan yang paling penting dan utama adalah kitab ini (Kitabut Tauhid).”
Dan di antara para ulama yang
menasehatkan untuk mengajarkan kitab ini kepada khalayak adalah Asy
Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alusy Syaikh sebagaimana dalam salah satu
surat beliau yang ditujukan kepada salah seorang Qadhi. Beliau berkata:
“Hendaklah engkau -bersamaan dengan tugasmu sebagai penanggung jawab
terhadap urusan-urusan yang diberikan Allah Ta’ala – untuk meluangkan waktumu sejenak mengajarkan kitab Tauhid di tempat-tempat lain.”
Samahatusy Syaikh bin Baz juga
menganjurkan agar menghapal kitab ini dan perhatian terhadapnya.
Sebagaimana beliau berkata: “Aku wasiatkan kepada saudaraku penuntut
ilmu disamping perhatian mereka terhadap Al Qur`an dan As Sunnah agar
perhatian pula dengan pemahaman yang sempurna terhadap kitab-kitab yang
ditulis dalam bidang aqidah dan menghafal mana saja yang mudah karena
sesungguhnya aqidah adalah pondasi dan saripati dari berbagai cabang
ilmu yang terdapat di dalamnya Al Qur`an dan As Sunnah seperti kitab At
Tauhid yang ditulis oleh Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab.
Metode Penulis dalam Karya Tulisnya
- Asy Syaikh dalam kitab ini membawakan ayat-ayat Al Qur`an, hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan atsar-atsar para As Salafush Shalih dari umat ini, dimulai dari para sahabat Muhammadshallallahu ‘alaihi wasallam yang mulia, kemudian at Tabi’in dan setelah mereka dari setiap orang yang menempuh jalan mereka dalam memahami Al Qur`an dan As Sunnah. Metode seperti ini mirip dengan metode yang dipakai oleh Al Imam Al Hafizh Al Kabir Al Bukhari dalam karya tulis beliau yang sangat monumental “Shahih Al Bukhari”. Terkhusus Kitabut Tauhid yang ada di dalamnya.
- Al Imam Al Bukhari meletakkan 58 bab dalam Kitab At Tauhid di Shahih-nya. Dimulai dengan bab tentang dakwah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallamkepada umatnya untuk bertauhid kepada Allah subhanahu wata’ala. Sedangkan Asy Syaikh meletakkan dalam kitab At Tauhid ini 66 bab. Dan sebagaimana dikatakan: “Fiqih-nya imam Al Bukhari terletak pada pembuatan judul kitab beliau dan pembuatan bab-bab yang ada di dalam kitab Shahih-nya. Sedangkan fiqih Asy Syaikh ada di dalam kitab At Tauhid pada pembuatan judul-judulnya dan permasalahan-permasalahan yang disebutkan.”
- Beliau ketika membawakan ayat-ayat Al Qur`an, hadits-hadits dan atsar-atsar para As Salafush Shalih mendahulukan penyebutan ayat-ayat Al Qur`an kemudian hadits-hadits nabawi kemudian atsar-atsar dari para As Salafush Shalih. Kecuali jika atsar-atsar tersebut ada keterkaitan langsung dengan ayat Al Qur`an atau Al Hadits maka Asy Syaikh mendahulukan atsar-atsar tersebut dikarenakan memang adanya keterkaitan.
- Tercakup di dalamnya ayat-ayat Al Qur`an, Al Hadits dan atsar-atsar sebagaimana telah lalu penjelasannya. Oleh karena itu tinggilah kedudukan dan derajat kitab ini. Di dalam kitab ini tidak terdapat perkataan Asy Syaikh kecuali di akhir-akhir setiap bab yang mana disebutkan di sana faidah-faidah yang beliau ambil dari ayat-ayat Al Qur`an, Al Hadits, atau atsar. Hal ini menunjukkan betapa dalamnya pemahaman Asy Syaikh dan jelinya beliau dalam mengambil hukum. Dan hal yang semacam ini lebih menancapkan dan mengokohkan dalam benak-benak penuntut ilmu, berupa pengetahuan tentang pokok-pokok bahasan yang terkandung di dalamnya berbagai faidah.
- Bab-bab yang ada dalam kitab ini tercakup di dalamnya penjelasan tentang tauhid yang ia adalah mengesakan Allah subhanahu wata’aladalam beribadah dan peringatan tentang sesuatu yang bisa meniadakan tauhid tersebut yaitu syirik kepada Allah subhanahu wata’ala atau peringatan tentang sesuatu yang bisa mengurangi kesempurnaan tauhid seorang hamba yang berupa syirik kecil dan bid’ah.
- Di antara bab yang disebutkan di dalamnya peringatan tentang sesuatu yang dapat meniadakan secara keseluruhan tauhid seorang hamba adalah bab: “Termasuk Syirik bernadzar untuk selain Allah.” dan Bab: “Termasuk syirik ber-istighatsah pada selain Allah subhanahu wata’alaatau berdoa kepada selain-Nya.”
- Di antara bab yang menyebutkan peringatan tentang sesuatu yang dapat mengurangi tauhid seorang hamba adalah bab: “Tentang sebab kufurnya Bani Adam dan menjauhnya mereka dari agama ini adalah kultus berlebih-lebihan terhadap orang shalih.” Kemudian bab: “Tentang perkataan seseorang Ma syaa Allah wa syi`ta (Kalau bukan karena Allah dan dirimu) “.
Di antara bukti yang menguatkan bahwa
Kitabut Tauhid ini adalah kitab yang sangat istimewa dalam bidang tauhid
adalah perhatian para ulama sejak zaman beliau hidup sampai sekarang.
Mayoritas di antara mereka menulis penjelasan (syarah) bagi kitab ini. Inilah di antara kitab-kitab yang menjadi syarah bagi Kitabut Tauhid:
1. Taisirul ‘Azizil Hamid bi Syarhi Kitabit Tauhid.
Penulis kitab ini adalah Asy Syaikh Al
Muhaddits Sulaiman bin Abdillah bin Muhammad bin Abdil Wahhab. Kitab ini
teranggap sebagai kitab yang datang pertama kali menjadi Syarah Kitabut
Tauhid, dan kitab ini adalah kitab syarah yang terpanjang dalam
memberikan syarah bagi Kitabut Tauhid. Akan tetapi penulisnya wafat
sebelum menyempurnakan kitab ini dengan menyisakan 7 bab yang belum
diberi syarah (penjelasan).
Asy syaikh Abdullah alu bassam berkata:”kitab ini termasuk kitab syarah terbagus terhadap kitab at tauhid.”
Diantara kelebihan kitab ini dari beberapa syuruhat lainnya adalah:
- Kitab ini termasuk kitab syarah yang paling besar sumbangsihnya dalam memberikan penjelasan terhadap kitab at tauhid.
- Didalamnya penulis banyak menukil perkataan syaikhul islam Ibnu Taimiyah, Al-Imam Ibnul Qoyyim dan Al-Hafizh Ibnu Hajar.
- Memberikan perhatian lebih terhadap tafsir dari suatu ayat.
- Memberikan perhatian lebih pula ketika mentakhrij hadits-hadits yang ada di dalamnya. Baik itu hal-hal yang berkaitan dengan sanad-sanad hadits atau penyakit-panyakitnya (ilalul hadits) dan membawakan penguat-penguat (syawahid) terhadap suatu hadits.
- Banyak didapati didalamnya hadits-hadits dan atsat-atsar, sehingga terkumpul sekitar 615 hadits-hadits dan atsat-atsar.
Faidah: Setiap orang alim yang hidup setelah Asy Syaikh Sulaiman, begitu pula siapa saja yang ingin men-syarah kitabut Tauhid mengambil banyak faidah dari kitab ini.
2. Fathul Majid Syarhu Kitabit Tauhid
Penulisnya adalah Al ‘Allamah Al
Mujaddid Ats Tsani, Asy Syaikh Abul Hasan Abdurrahman bin Hasan bin
Muhammad bin Abdul Wahhab. Berkata Muhadditsul Yaman Asy Syaikh Muqbil:
“Dan di antara kitab-kitab yang bernilai tinggi yang tidak boleh merasa
cukup dengan tidak mempelajarinya bagi seorang muslim adalah kitab Fathul Majid syarhu Kitabit Tauhid.”
Lembaga fatwa dan Riset Ilmiah Kerajaan
Saudi Arabia (yang di dalamnya terdapat para ulama besar Ahlussunnah wal
Jama’ah) suatu ketika pernah terlontar kepada mereka sebuah pertanyaan
yang berbunyi: Berilah kami petunjuk semoga Allah senantiasa memberikan
bimbingan-Nya kepada Anda sekalian tentang kitab-kitab yang memungkin
kami untuk kami jadikan rujukan di dalam bidang aqidah maupun fiqih?
Maka lembaga tersebut menjawab :
Hendaknya engkau memberikan perhatianmu yang pertama kali kepada
Kitabullah dan kitab hadits-hadits seperti Shahih Al Bukhari, Shahih
Muslim, kemudian dalm bidang ‘aqidah syarah ‘aqidah ath Thahawiyah dan
Fathul Majid syarah kitabut Tauhid.
3. Qurratu ‘Uyunil Muwahhidin
Penulisnya adalah Asy Syaikh Abdurrahman
penulis kitab Fathul Majid. Di antara perbedaan kitab ini dengan yang
sebelumnya adalah:
- Tidak disebutkannya masa`il yang terdapat di dalam Kitabut Tauhid.
- Sangat indah ungkapan-ungkapannya, kuat dalam berhujjah untuk membantah syubhat-syubhat dan kesesatan-kesesatan yang terlontar dari mulut kotor orang-orang yang menyimpang dalam bidang tauhid.
- Kebanyakannya menukil pernyataan Al Imam Ibnul Qayyim.
4. Al Qaulus Sadid ‘ala Kitabit Tauhid
Penulisnya adalah Asy Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di, penulis kitab tafsir yang sangat bermanfaat yang berjudul Taisirul Karimir Rahman.
5. I’anatul Mustafid Syarhu Kitabit Tauhid
Penulisnya adalah Al ‘Allamah Shalih bin
Fauzan Al Fauzan. Termasuk ulama besar di Saudi Arabia yang masih hidup
dan menjadi anggota Hai’ah Kibaril Ulama Kerajaan di negeri tersebut hafizhahullahu ta’ala.
6. Al-Qaulul Mufid ‘Ala Kitabit Tauhid
Penulisnya adalah Faqihul ‘Ashr Al ‘Allamah Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin.
7. Al-Jadid Fi Syarhi Kitabit Tauhid
Yang ditulis oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Aziz As-Sulaiman Al-Qar’awi.
Sumber: (7 januari 2013 aktif)
http://portal-ilmu.net/2011/07/pelajaran-kitab-at-tauhid-sekelumit-tentang-kitab-at-tauhid/
Masya Alloh, smoga Alloh Ta'ala merahmati Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab At Tamimy dan keluarga beliau, amiin !
BalasHapus